Peran dan Syarat Seketaris



Ditulis Oleh: Husnul Khotimah
Sukses tidaknya sebuah acara tidak luput dari peran sekertaris. Penulis bangga usai digelarnya acara harlah IKMPB yang ke 33 Jumat kemarin. Bagaimana tidak, acara tersebut berjalan lancar, dan tentunya tidak luput dari peran seorang sekertaris. Apa hanya sekertaris? Eisssst tunggu, jangan merengut dulu. Semua kepanitiaan berperan penting, namun berhubung penulis pada acara harlah IKMPB menjabat sebagai sekertaris, jadi akan menguak sedikit banyak terkait peran dan syarat dari seorang seketaris dibalik suksesnya sebuah acara, khususnya harlah IKMPB yang ke 33.
            Ada banyak sekali deskripsi mengenai sekertaris, namun saya simpulkan menjadi seorang yang membantu kepala atau pimpinan atau ketua panitia dalam pendiktean, surat menyurat, memimpin rapat internal kepanitiaan, rapat konsolidasi yang juga banyak mengetahui rahasia sebuah organisasi, lembaga, maupun acara. Nah, dalam acara harlah IKMPB pada 16 Juni kemarin, sekertaris memberikan pelayanan administratif penunjang kegiatan harlah tersebut. Misalkan pengelolaan surat dan arsip lainnya, membuat agenda rapat, dan lain lain. Selain itu juga membuat agenda rapat, serta memimpin jalannya rapat kepanitiaan maupun konsolidasi. Tak hanya berkecimpung dalam dunia administrasi, melainkan juga ikut menjamin suksesnya acara harlah dengan kiat intens berkoordinasi dengan ketua panitia serta human relations. Kineja dari human reltions sangat bergantung pada kinerja sekertaris. Mengapa tidak? Karna tugas human relations iyalah menyampaikan kepada masyarakat terkait apa yang diagendakan oleh sekertaris.

            Setelah mengetahui peran besar sekertaris dibalik sukses/gagalnya sebuah acara, selanjutnya penulis akan membahas syarat-syarat yang harus dimiliki jika ingin menjadi seorang sekertaris. Pertama harus memiliki personalitas yang baik. Mengingat sebagai sekertaris dihadapkan oleh tugas yang banyak, harus dipastikan memiliki kepribadian yang baik dan cemerlang. Misalkan ramah kepada siapapun, sabar, mudah bergaul dengan banyak orang serta dapat dipercaya menjalankan amanah. Kedua memiliki pengetahuan yang luas terkait lembaga, perusahaan maupun sebuah kegiatan. Ketiga mempunyai keahlian. Nah, hard skills inilah yang yang akan menentukan bobot sekertaris. Beberapa keahlian yang harus dimiliki sekertaris yaitu mampu membuat dan menyusun laporan, mengetahui cara menulis surat formal, fasih dalam berbahasa indonesia karena nantinya sekertaris akan memimpin setiap kali diadakannya rapat atau pertemuan. Demikian penjelasan singkat mengenai peran dan syarat sekertaris, semoga bermanfaat. 
Diberdayakan oleh Blogger.