Peran dan Syarat Seketaris
Ditulis Oleh: Husnul Khotimah
Sukses tidaknya
sebuah acara tidak luput dari peran sekertaris. Penulis bangga usai digelarnya
acara harlah IKMPB yang ke 33 Jumat kemarin. Bagaimana tidak, acara tersebut
berjalan lancar, dan tentunya tidak luput dari peran seorang sekertaris. Apa
hanya sekertaris? Eisssst tunggu, jangan merengut dulu. Semua kepanitiaan
berperan penting, namun berhubung penulis pada acara harlah IKMPB menjabat
sebagai sekertaris, jadi akan menguak sedikit banyak terkait peran dan syarat
dari seorang seketaris dibalik suksesnya sebuah acara, khususnya harlah IKMPB yang
ke 33.
Ada banyak sekali
deskripsi mengenai sekertaris, namun saya simpulkan menjadi seorang yang
membantu kepala atau pimpinan atau ketua panitia dalam pendiktean, surat
menyurat, memimpin rapat internal kepanitiaan, rapat konsolidasi yang juga
banyak mengetahui rahasia sebuah organisasi, lembaga, maupun acara. Nah, dalam
acara harlah IKMPB pada 16 Juni kemarin, sekertaris memberikan pelayanan
administratif penunjang kegiatan harlah tersebut. Misalkan pengelolaan surat
dan arsip lainnya, membuat agenda rapat, dan lain lain. Selain itu juga membuat
agenda rapat, serta memimpin jalannya rapat kepanitiaan maupun konsolidasi. Tak
hanya berkecimpung dalam dunia administrasi, melainkan juga ikut menjamin
suksesnya acara harlah dengan kiat intens berkoordinasi dengan ketua panitia
serta human relations. Kineja dari human reltions sangat bergantung pada
kinerja sekertaris. Mengapa tidak? Karna tugas human relations iyalah
menyampaikan kepada masyarakat terkait apa yang diagendakan oleh sekertaris.
Setelah mengetahui
peran besar sekertaris dibalik sukses/gagalnya sebuah acara, selanjutnya
penulis akan membahas syarat-syarat yang harus dimiliki jika ingin menjadi
seorang sekertaris. Pertama harus memiliki personalitas yang baik.
Mengingat sebagai sekertaris dihadapkan oleh tugas yang banyak, harus
dipastikan memiliki kepribadian yang baik dan cemerlang. Misalkan ramah kepada
siapapun, sabar, mudah bergaul dengan banyak orang serta dapat dipercaya
menjalankan amanah. Kedua memiliki pengetahuan yang luas terkait
lembaga, perusahaan maupun sebuah kegiatan. Ketiga mempunyai keahlian.
Nah, hard skills inilah yang yang akan menentukan bobot sekertaris. Beberapa
keahlian yang harus dimiliki sekertaris yaitu mampu membuat dan menyusun
laporan, mengetahui cara menulis surat formal, fasih dalam berbahasa indonesia
karena nantinya sekertaris akan memimpin setiap kali diadakannya rapat atau
pertemuan. Demikian penjelasan singkat mengenai peran dan syarat sekertaris,
semoga bermanfaat.
Kirim Komentar